Home » Wisata » Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok

Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok

Taman Nasional Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok, NTB. Trek Pendakian Gunung Rinjani menjadi tujuan pavorit para pendaki karena keindahan pemandangan yang sangat mengagumkan. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3726 m diatas permukaan laut.

Gambar Gunung Rinjani

Sumber gambar: Indonesia.Travel

Keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok

Luas dari Taman Gunung Rinjani adalah 41.330 ha dan akan disusulkan penambahan menjadi 76.000 ha ke sebelah barat dan timur. Di Taman Nasional Gunung Rinjani terdapat zona transisi Garis Wallacea. Pada garis ini merupakan tempat flora dan fauna Australia bertemu dengan flora dan fauna tropis Asia Tenggara.

Foto Taman Nasional Gunung RinjaniSumber gambar: Indonesia.Travel

Secara administratif, gunung ini terletak di wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Taman Nasional Rinjani merupakan salah satu dari 40 taman nasional di Indonesia yang berdiri pada tahun 1997.

Foto Awan Dibawah Puncak Gunung-RinjaniSumber gambar: Indonesia.Travel

Mendaki puncak Gunung Rinjani tidaklah mudah tapi jika Anda mencapai puncak rasanya sepadan dengan kelelahan dan keletihan karena dapat menikmati pemandangan terindah diatas puncak Gunung Rinjani, dan tentunya mempunyai kegembiraan tersendiri yang luar biasa.

Nama Rinjani diperkirakan diambil dari istilah Jawa Kuno yang berarti “Tuhan”. Gunung ini bagian dari “cincin api” yang sangat terkenal dan mempunyai peranan penting dalam kebudayaan spiritual masyarakat daerah itu.

Hutan lebat yang diperciki air terjun dan pemandangan alam yang luar biasa indah menghiasi lereng Gunung Rinjani.

Danau Segara Anak dan Gunung Baru di Taman Nasional Gunung Rinjani

Di kawasan gunung terdapat danau yang sangat indah yaitu Danau Segara Anak berjarak 6 km bersebrangan dengan titik terlebar gunung ini. Danau ini merupakan danau sulfur yang berada 600 m di bawah lereng kawah dengan kedalaman 160-230 meter dan luas sekitar 1.100 hektar.

Gambar Gunung Baru RinjaniSumber gambar: Indonesia.Travel

Di tengah danau ini muncul gunung vulkanik baru yang masih aktif dan berkembang yaitu Gunung Baru yang terjadi akibat erupsi yang terus menerus pada tahun 1990an. Mitos mengatakan sebab terjadinya letusan gunung berapi baru di tahun 1994 karena kemarahan para arwah yang disebabkan batu-batu yang meletus tidak ditempatkan dengan benar di kaki gunung baru.

Gambar Pemandangan Danau Segara Anak Rinjani

Sumber gambar: rinjaninationalpark.com

Danau Segara Anak sering dijadikan tempat spriritual, setiap tahunnya orang bali mengadakan upacara pekelan yaitu dengan meletakan perhiasan di danau untuk dipersembahkan pada ron gunung. Pada bulan purnama, masyarakat Wetu Telu datang kedanau Segara Alam untuk berdoa dan menjadikan danau tersebut tempat suci.

Trek Pendakian Gunung Rinjani

Pendakian Gunung Rinjani dianggap sebagai salah penjelajahan terbaik di kawasan Asia Tenggara. Trek pendakian gunung rinjani biasanya di mulai dari Senaru menuju lereng kawah lalu menuruni kawah danau dan berlanjut ke Sembalun Lawang, pendakian dengan rute trek ini biasanya menghabiskan waktu 3 hari. Ada juga yang memulai pendakian dari Sembalung Lawang dan berakhir di Senaru. Bagi para pendaki sejati biasanya melanjutkan pendakian ke puncak gunung berapi, gunung ini dapat di tempuh dalam waktu 4 hari dimulai dari Sembalun Lawang dan berakhir di Senaru.

Gambar Peta Trek Pendakian Gunung Rinjani

Sumber gambar: rinjaninationalpark.com

Trek Rinjani oleh mitra resmi Taman Nasional yaitu perwakilan masyarakat, pariwisata lombok dan industri sektor umum. Koordinasi koperatif penjelajahan yang di jalankan bertemat di Senaru untuk Rinjani Trek Center (RTC) dan di Sembalun Lawang untuk Rinjani Information Center (RIC)

Penghasilan dari tiket masuk dan pariwisata digunakan untuk manajemen, konservasi, pemeliharaan Trek Rinjani, dengan begitu Taman Nasional Gunung Rinjani dapat terpelihara dengan baik. Model manajemen ini merupakan contoh paktik ekowisata Indonesia.