Home » Gambar Alam » 10 Taman Nasional Terindah di Dunia

10 Taman Nasional Terindah di Dunia

Daftar 10 taman nasional terindah di dunia yang memiliki keindahan alam menakjubkan, taman nasional paling indah  dengan berbagai kekayaan flora dan fauna. Berikut ini adalah taman nasional dari berbagai belahan dunia tersebut.

Taman Nasional Terindah di Dunia

Taman Nasional Fiordland, Selandia Baru
Taman Nasional Fiordland
Taman Nasional Fiordland, didirikan pada tahun 1952, mencakup 4.633 mil persegi, memiliki habitat alam yang indah dan bervariasi. Taman ini memiliki ekosistem yang beragam dan merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna yang ada di seluruh hutan hujan, daerah pegunungan, danau dan fiord-jenis habitat. Hutan perawan yang luas, menjadikan Taman Nasional Fiordland sebuah kawasan konservasi yang indah, dan itu adalah rumah bagi banyak spesies yang dilindungi seperti Kakapo terbang. Taman ini terpencil dan terisolasi yang telah menyebabkan banyak spesies berevolusi secara berbeda dibandingkan dengan daerah lain di Selandia Baru.

Taman Nasional Banff, Canada
Taman Nasional Banff
Didirikan pada tahun 1885, Taman Banff adalah taman nasional tertua di Kanada. Banff terletak di tengah Pegunungan Rocky Kanada, di Provinsi Alberta, ke Barat dari Calgary. Meliputi lebih dari 2.500 mil persegi, Taman ini merupakan kombinasi dari daerah pegunungan, hutan pinus, gletser dan bidang es. Ini menjadi daya tarik utama bagi penggemar alam luar, menawarkan hiking, menunggang kuda, mendaki gunung, menyelam es dan sejumlah kegiatan lainnya. Di antara berbagai atraksi Banff adalah keragaman yang besar satwa liar, termasuk karnivora besar seperti grizzly dan beruang hitam serta singa gunung dan serigala abu-abu.

Taman Nasional Yellowstone, USA
Taman Nasional Yellowstone
Diakui sebagai taman nasional pertama di Amerika, Yellowstone didirikan pada tahun 1872. Tersebar antara tiga negara bagian Montana, Wyoming dan Idaho, luas Yellowstone National Park adalah 3.472 mil persegi, yang didalamnya terdapat berbagai habitat. Hutan, gunung, sungai dan setengah fitur geothermic dunia ditemukan di taman ini, termasuk yang terkenal Old Faithful Geyser. Ekosistem yang beragam mendukung array yang luas dari kedua hewan dan tumbuhan dengan sebagian besar predator puncak AS ditemukan hidup di taman nasional ini. Herbivora besar seperti Moose dan Bison juga adalah asli dari Yellowstone.

Taman Nasional Galapagos, Ekuador
Taman Nasional Galapagos
Galapogos National Park didirikan pada tahun 1959 dan merupakan taman nasional tertua di Ekuador. Luasnya mencakup besar 3.087 mil persegi – 90% dari Kepulauan Galapagos. Didirikan untuk melindungi keanekaragaman satwa yang unik dari pulau-pulau ini, pemerintah berusaha untuk melindungi spesies asli dan membasmi tanaman invasif dan hewan. Spesies seperti kura-kura raksasa, iguana laut dan petrel Galapagos dilindungi untuk memastikan bahwa mereka dapat dinikmati oleh pengunjung saat ini dan generasi mendatang. Pejabat layanan taman nasional yang sangat serius tentang mencegah tanaman non-pribumi dan hewan untuk dapat masuk ke taman ini.

Taman Nasional Sagarmartha, Nepal
Taman Nasional Sagamartha
Taman Nasional Sagarmatha memiliki puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter yaitu yang kita kenal dengan nama Gunung Everest yang merupakan titik fokus taman dan menarik ratusan pendaki setiap tahun untuk mengambil pendakian yang menantang. Meliputi 443 mil persegi, Sagarmartha adalah taman nasional tertinggi di dunia. Ini titik terendah adalah lebih dari 3000 meter di atas permukaan laut. Selain keindahan itu, taman ini juga terkenal dengan makna keagamaan dan budaya. Satwa liar seperti macan tutul salju dan beruang hitam Himalaya berada di daerah ini.

Taman Nasional Swiss, Switzerland
Taman Nasional Swiss
Taman Nasional Swiss, didirikan pada tahun 1914, adalah salah satu taman nasional pertama yang didirikan di Eropa, dan taman nasional ini adalah satunya taman nasional di Swiss. Taman mencakup hanya 66 mil persegi, di mana terdapat beragam habitat hutan pegunungan, dan mendukung kelimpahan hewan dan tumbuhan. Spesies asli dari taman nasional ini diantaranya elang emas, marmut, rusa dan chamois. Trek pendakian yang indah dan banyak kesempatan melihat keindahan alam sebagai taman atraksi utama bagi para pengunjung.

Taman Nasional Iguazu, Argentina
Taman Nasional Iguazu
Terletak di Argentina, Taman Nasional Iguazu mencakup 212 mil persegi. Dibentuk pada tahun 1934, taman ini terkenal dengan keindahan dari air terjunnya yang besar. Taman ini terletak di perbatasan Argentina dengan Brasil, dan bersebelahan dengan Taman Nasional di Brasil-nya yaitu ‘Iguacu National Park’, yang dipisahkan oleh Sungai Iguazu. Taman dengan hutan hujan tropis yang lebat, relatif belum terjamah dan menawarkan layanan kereta api yang membawa pengunjung ke air terjun terkenal. Berbagai spesies hewan seperti jaguar, howler monyet dan ocelots dapat ditemukan oleh pengunjung di taman.

Taman Nasional Kakadu, Australia
Taman Nasional Kakadu
Meliputi 7.722 mil persegi, Taman Nasional Kakadu Australia merupakan salah satu wilayah negara atas signifikansi alam dan budaya. Taman, yang dikelola bersama oleh pemilik asli Aborigin untuk melindungi tradisi kuno dan kerukunan hidup alam di wilayah ini. Taman nasional ini adalah kombinasi dari bakau pesisir, dataran banjir dataran rendah, perbukitan batu pasir dan hutan lebat yang bervariasi. Berbagai kehidupan hewan hadir termasuk lebih dari 60 mamalia yang berbeda dan lebih dari 120 spesies reptil. Taman Nasional Kakadu telah menjadi rumah bagi Bininj / Mungguy orang untuk generasi dan fitur situs budaya penting yang berkaitan dengan warisan mereka yang tak terhitung jumlahnya.

Taman Nasional Lake District, Inggris
Foto Lake-District National Park
The Lake District National Park di Inggris utara meliputi 885 mil persegi dengan banyak danau yang indah. Rumah bagi banyak danau terdalam di Inggris, Wastwater, tempat ini juga termasuk wilayah terbasah di negara itu berdasarkan curah hujan tahunan yang cukup tinggi. Taman Nasional Lake District sebenarnya taman nasional terbesar di Inggris dan menghabiskan 1% dari seluruh wilayah inggris. Selain danau adalah kawasan hutan lebat dan banyak kota dan desa dengan jumlah populasi sekitar 40.000 orang.

Grand Canyon National Park, USA
Taman Nasional Grand Canyon
Grand Canyon National Park adalah taman nasional tertua ke-15 di AS dan memiliki luas sebesar 1.902 mil persegi. Didominasi oleh Grand Canyon sendiri  (jurang) sejauh 277 mil panjang, sampai 18 mil lebar dan kedalaman 1 mil. Ini jurang besar yang menarik jutaan pengunjung ke Arizona setiap tahun yang ingin memandangi keindahan dari kemegahan Grand Canyon. Meskipun sebagian besar pengunjung datang untuk melihat canyon itu sendiri, tamannasional ini juga memiliki berbagai satwa liar asli dan daerah yang berbatu lainnya yang dapat di jelajahi. Spesies seperti beruang hitam, singa gunung dan coyote semuanya asli dari wilayah taman nasional ini.

Itulah 10 taman nasional terindah di dunia yang memiliki keindahan luar biasa, dan tentunya masih banyak lagi taman nasional paling indah selain dari daftar taman nasional diatas. Jadi meurut Anda mana yang paling Indah yang ingin dikunjungi?